Entri Populer

Senin, 01 November 2010

Sosialisasi LK3S atau WCC Sakinah MKS PWA Sumbar

PROFIL
LEMBAGA KONSULTASI KESEJAHTERAAN KELUARGA SAKINAH
(LK3 – SAKINAH)


MAJELIS KESEJAHTERAAN SOSIAL
PIMPINAN WILAYAH ‘AISYIYAH
SUMATERA BARAT
2010

A. Pendahuluan
Tindakan kekerasan terhadap perempuan terus bertambah jumlahnya, seperti; kekerasan dalam rumah tangga yang berakhir dengan kematian, kecacatan dan perceraian atau tekanan psikis lainnya, telah mendorong ‘Aisyiyah sebagai organisasi sosial keagamaan untuk melakukan tindakan yang bersifat preventif, kuratif atau bentuk tindakan responsif lainnya. Melalui Muktamar (forum permusyawaratan tertinggi dalam organisasi Muhammadiyah) ‘Aisyiyah mendapat mandat untuk berperan aktif dan mengambil bagian dalam upaya mengurangi tindakan kekerasan terhadap perempuan baik kekerasan dalam keluarga, bidang politik, ketenagakerjaan, sosial, hukum dan media.
Pendirian Women Crisis Centre (WCC) ‘Aisyiyah Sumatera Barat atau Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga Sakinah (disingkat dengan LK3 Sakinah) sangatlah urgen karena didukung dengan keberadaan ‘Aisyiyah di 16 Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat. Selain itu, sebagai gerakan sosial keberagamaan yang bercirikan gerakan amaliah, kepengurusan ‘Aisyiyah diberbagai tingkatan telah memiliki kantor dan amal usaha yang dapat digunakan sebagai cikal bakal berdirinya lembaga ini di ‘Aisyiyah Sumatera Barat.

B. Landasan didirikan Lembaga K3 Sakinah atau WCC ‘Aisyiyah
1. AD/ART ‘Aisyiyah
2. Tanfidz keputusan Muktamar ‘Aisyiyah ke 45 di Malang, 3-8 Juli tahun 2005.
3. Program kerja PPA Majelis Kesejahteraan Sosial, periode 2005-2010
4. Program kerja PWA Majelis Kesejahteraan Sosial, periode 2005-2010

C. Kedudukan Lembaga K3 Sakinah atau WCC ‘Aisyiyah

Keberadaan LK3 Sakinah atau WCC ‘Aisyiyah di setiap struktur kepengurusan ‘Aisyiyah adalah menjadi rujukan bagi korban kekerasan baik pada tahap awal atau tahap lanjutan. Hal ini untuk mengantisipasi para korban kekerasan (khususnya perempuan) yang datang atau dirujuk pada pusat-pusat pelayanan tindak kekerasan yang tidak melakukan pendekatan akidah dan keIslaman atau dengan sengaja bermaksud untuk mempengaruhi akidah para korban dalam memberikan pelayanannya.

D. Sifat Pelayanan Lembaga K3 Sakinah atau WCC ‘Aisyiyah

1. Preventif: Diusahakan agar dalam masyarakat atau anggota keluarga yang mengalami gangguan dan telah dapat dipulihkan perlu dijaga agar tidak lagi mengalami gangguan-gangguan berikutnya baik dari dirinya sendiri maupun dari luar.

2. Kuratif; mengusahakan agar terjadi penyembuhan dari apa yang menjadi penderitaan anggota/keluarga masyarakat yang mengalami gangguan.

3. Rehabilitatif; Setelah mengalami penyembuhan maka perlu dilakukan pembimbingan dan pembinaan ke arah pembangunan hidup yang wajar dan normal.
4. Promotif (pemeliharaan dan pengembangan): Setelah mencapai keadaan yang normal diusahakan untuk dikembangkan daya dan potensi yang ada agar hidupnya ke depan lebih baik dan lebih maju.

E. Pengorganisasian LK3 Sakinah (WCC
‘Aisyiyah
a. Kedudukan LK3 Sakinah atau WCC ‘Aisyiyah
LK3 Sakinah atau WCC ‘Aisyiyah Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Barat adalah salah satu amal usaha ‘Aisyiyah di tingkat wilayah. Dalam pelaksanaan tugasnya, LK3 Sakinah atau WCC ‘Aisyiyah ini menjadi bagian dari program dan tanggung jawab Divisi Pengembangan Masyarakat Majelis Kesejahteraan Sosial PWA Sumatera Barat.

b. Pengelola:
Direktur: Dra.Hj.Yarmis Syukur,M.Pd,Kons
Sekretaris : Desi Asmaret, M.Ag
Bendahara: Dra. Hermawati Lubis, M.Si
Anggota : 1. Dra. Hj. Enniarti Darussamin
2. Ir. Yunita, M.P
3. Sri Helmiza, S.Pd
c. Tim Ahli:
1. Dra. Hj.Yarmis Syukur, M.Pd, Kons
2. Dra. Hj. Indarefis
3. Yuni S. Johan, S.Psi, Psi
4. Dra. Ulfatmi, M.Ag
5. Hj. Abrilyus. M
6. Hj. Meinar Hamid
7. Dra. Hj. Meiliarni Rusli
8. Dra. Hj. Marnis Nurut
9. dr. Burmaini
10. Dra. Nur Asni Abbas,M.Ag
11. Drs. Marhadi Effendi, M.Si
12. Drs. Irdinansyah Tarmizi
13. Dra. Hermawati Lubis, M.Si
14. Dra. Khalidah, M.Ag
15. Dra. Gusnida, M.Ag
16. Maidawati, S.E
17. Jusmawati, S.Ag, M.Pd

d. Tenaga Profesi :
1. Dra.Hj.Yarmis Syukur, M.Pd, Kons
2. Yuni S. Johan, S.Psi, Psi
3. Dra. Hj. Indarefis
4. Dra. Hj. Meiliarni Rusli
5. Desi Asmaret, M.Ag
F. Bentuk Pelayanan
1. Layanan Kontak
a. Layanan Konsultasi,
b. Layanan Psikologi
c. Layanan Konseling
d. Layanan hukum (kerjasama dengan Lembaga Hukum dan POLRI)..
e. Layanan Pengobatan (kerjasama dengan Pusat Pelayanan Kesehatan).
2. Layanan Non Kontak
a. Media cetak; brosur, pamflet,
b. Media elektronik; CD,TV dan cassette, radio
c. Email dan Fax


G.Jenis Pelayanan
1.Preventif: Penyuluhan
Publikasi :poster, brosur, hotline, leaflet
Sosialisasi :pengajian, kajian, diskus kuratif
Konseling :Konselor, ulama,psikolog,psikiater
Medis : Dokter dan Paramedis
Advokasi : Ahli Hukum dan Agama

2 Rehabilitasi
Memberikan pelatihan untuk meningkatkan
keterampilan dan pemberdayaan perempuan
sehingga mampu hidup mandiri.

3.Follow Up
Terminasi: mengembalikan pada keluarga atau memasukkan ke lembaga pendidikan yang relevan
Monitoring : kunjungan rutin/berkala
Evaluasi : analisa kasus

H. Waktu Pelayanan:

Senin sampai Jumat pukul 09.00 s/d 15 Wib

I.Tempat Pelayanan
Komplek Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumbar Jl. S. Parman No. 129 B Ulak Karang Padang. Telp: 0751-7052409, Fax: 0751-7052409

Tidak ada komentar:

Posting Komentar